Don't have an account yet?
Register Now

Mulai dari

IDR 0

Selamat Datang di Government Talk Show

Fenomena menarik dalam kehidupan masyarakat saat ini, yakni adanya budaya global (global culture) dan gaya hidup (life style). Fenomena ini terjadi sebagai dampak dari arus globalisasi yang sudah tidak bisa dibendung lagi. Globalisasi yang dimaknai sebagai proses mendunianya sistem sosial ekonomi politik dan budaya sehingga dunia seperti menjadi tanpa tapal batas (the borderless word) yang sering dipahami pula sebagai suatu bentuk penyeragaman, dominasi, dan bahkan hegemoni negara-negara maju terhadap negara-negara terbelakang atau bangsa yang sedang berkembang.

Adanya internet, satelit dan telepon, membuat jarak yang begitu jauh terasa dekat. Ratusan satelit yang mengorbit diatas bumi menghubungkan belahan bumi satu dengan belahan bumi lain. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah menghapus batas antar negara, antar bangsa dan bahkan antar kelas. Pendataran dunia ini tidak lepas dari apa yang disebut sebagai “globalisasi”. Salah satu fenomena penting proses globalisasi telah melahirkan Generasi Gadget. Generasi Gadget ini merupakan generasi yang dalam kehidupannya selalu bersinggungan dengan yang namanya peralatan yang mengandung unsur teknologi informasi yang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka.

Generasi Gadget inilah yang digunakan untuk menandai munculnya Generasi Milenial, yaitu generasi yang lahir dan tumbuh pada era digitalisasi dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dimana mereka memiliki karakteristik ketergantungan dengan internet sebagai pengguna media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter yang fanatik dan kehidupannya sangat terpengaruh oleh perkembangan teknologi.

Pembukaan UUD 1945 mengamanatkan bahwa tujuan didirikan Negara Republik Indonesia, antara lain adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Amanat tersebut mengandung makna negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif.

Dewasa ini penyelenggaraan pelayanan publik masih dihadapkan pada kondisi yang belum sesuai dengan kebutuhan dan perubahan di berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal tersebut bisa disebabkan oleh ketidaksiapan untuk menanggapi terjadinya transformasi nilai yang berdimensi luas serta dampak berbagai masalah pembangunan yang kompleks. Sementara itu, tatanan baru masyarakat Indonesia dihadapkan pada harapan dan tantangan global yang dipicu oleh kemajuan di bidang teknologi Informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, keberadaan Generasi Milenial yang merupakan generasi masa kini perlu diperhitungkan.

Dalam tahun-tahun mendatang Generasi Milenial inilah yang akan mendapatkan dampak langsung atas suatu layanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintahan. Generasi Milenial yang mempunyai karakter sangat bergantung pada internet dengan menggunakan gadget, tentu tidak mau lagi mendapatkan layanan yang terlalu birokratis dari pemerintahan dan tentunya menginginkan bisa mendapatkan layanan publik kapapun dan dimanapun mereka membutuhkan. Pertanyaannya adalah Adakah kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah yang mendorong tentang Layanan Publik yang Ramah Milenial dan Bagaimana implementasi layanan publik yang ramah milenial tersebut di pemerintahan daerah.

Dalam kesempatan Penyelenggaraan Temu Nasional Purna Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (TNPP STPDN) Angkatan X Tahun 2020 di Palembang, Sumatera Selatan ini akan menyelenggarakan Government Talk Show dengan tema : “Layanan Publik Yang Ramah Milenial”.

Contact Information

082177929157/082180240836/085769858026 / [email protected]

Tags

  Report This Event

BELI TIKET

Government Talk Show

IDR 0

Remaining Ticket Quantity : 500

Layanan Publik Yang Ramah Milenial

Find Location

0 tickets in your cart
TOTAL  0